7 Tips Liburan Ala Keluarga Hemat dan Menyenangkan

Liburan yang menyenangkan tak melulu harus pergi jauh-jauh ke tempat wisata di Asia atau luar negeri. Lokasi berlibur di Indonesia sangat luas dan ada sangat banyak tempat-tempat indah di Indonesia yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin hemat, menyenangkan, dan pastinya semakin dengan dengan keluarga ditambah dengan musik dan lagu-lagu yang membuat suasana menjadi lebih nyaman seperti lagu chord cinta tak harus memiliki. Jadi, buat kamu yang ingin liburan hemat dan menyenangkan, yuk baca tipsnya berikut ini.

1. Lakukan Survey Lokasi Liburan

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti harus menentukan kemana akan pergi misalnya lokasi laut yang memiliki ikan paus didalamnya. Untuk memastikan bahwa tempat yang kamu tuju itu cocok dengan ekspektasi kamu mengenai liburan atau tidak. Survey bisa dilakukan lewat internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Selain itu, dengan melakukan survey, kamu juga bisa mulai menghitung kisaran uang yang kamu butuhkan untuk berlibur ke tempat yang kamu inginkan, dan juga bisa mengetahui jika da promosi atau diskon sehingga kemauan untuk berhemat menjadi lebih mudah.

2. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Setelah melakukan survei dan menentukan tempat tujuan berliburmu, sekarang waktu untuk memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan sebelum hari H, kamu akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama kamu berlibur.

3. Usahakan Pergi Sebelum atau Sesudah musim Liburan

Dari banyaknya tempat wisata yang tersedia, harga pada musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Oleh karena itu, kamu akan lebih hemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan. Selain itu, kmau juga bisa leluasa jika pergi bukan di musim liburan, sebab biasanya itu lebih sepi, jadi kamu bisa lebih menikmati masa healingmu.

4. Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan

Lupakan tentanng liburan mewah jika kamu ingin berhemat. Namun jangan sampai karena kamu sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman ya gais. Utamakan kenyamanan kamu, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang dan pastinya akan lebih menyenangkan lebih lagi jika kamu bisa liburan dengan nyaman, mewah tapi murah.

5. Bawalah Uang Tunai/Cash

Selalu bawa uang tunai saat kamu sedang liburan. Tentu saja bukan untuk digunakan berfoya-foya, tapi dengan membawanya, kamu akan lebih bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan. Dengan begitu, kamu juga bisa langsung melihat berapa yang tersisa, sehingga bisa berpikir lebih sebelum mengeluarkan uang. Jika kamu takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit Visa atau MasterCrad. Hal ini untuk membantu kamu saat membutuhkan uang mendadak.

6. Catatlah Pengeluaran Selama Liburan

Jangan lupa untuk selalu menctata setiap pengeluaran yang kamu lakukan mau sekecil apapun itu, hal ini akan membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir. Dengan mengetahui itu semua, kita bisa menekan kemungkinan untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi lebih mahal.

7. Cermat dalam Berbelanja

Hal ini juga harus menjadi pokok pikiran kamu yang terakhir, karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar kamu saat liburan. Saat pergi ke tempat liburan, tentu membeli oleh-oleh dan beberapa barang game seperti daftar hero dota 2 sangat dianjurkan agar kamu bisa mengenang momen-momen liburan kamu, tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama jika tak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan selanjutnya. Selain itu, carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional seperti yang dilakukan Nada Tarina Putri akan lebih murah dan neragam daripada toko cinderamata.

Nah, itulah 7 tips hemat yang bisa kamu terapkan sebelum pergi liburan, dengan begitu akan membuat uang tidak akan cepat habis dan kamu akan lebih menikmati masa liburanmu. Coba terapkan ya!