Daftar Tempat Wisata Menarik di Taman Nasional Komodo

NUSA Tenggara Timur (NTT) punya beragam tempat wisata alam dan bahari yang menakjubkan. Provinsi kepulauan di timur Indonesia ini termasuk salah satu destinasi favorit bagi pelancong nusantara maupun mancanegara.

NTT memang layak disebut sebagai surga wisata karena indah dan uniknya daerah tersebut, destinasi andalannya diantaranya adalah Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, dan Pulau Sumbawa.

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai tempat wisata menarik yang ada di Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo adalah wilayah yang digunakan sebagai lokasi observasi Komodo, spesies kadal purba yang terancam punah.

Didirikan pada 1980, Taman Nasional Komodo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman ini dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986, karena keanekaragaman hayati, baik laut dan darat yang ada di sana.

Taman Nasional Komodo ini mencakup beberapa pulau yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar, banyak juga pulau-pulau kecil lainnya. Luas taman nasional ini secara keseluruhan adalah 1.817Km2.

Di kawasan Taman Nasional Komodo, Anda juga dapat menemukan kuda, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung.

Selain itu Taman Nasional Komodo memiliki biota bawah laut yang menakjubkan. Para penyelam mengatakan bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Dengan gugusan pulau dan keanekaragaman hayati yang terdapat di Taman Nasional Komodo, berikut ini lima destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di sana:

1. Pulau Komodo

Wisata pertama yag harus dituju saat mengunjungi Taman Nasional Komodo tentunya adalah Taman Komodo.

Pulau Komodo adalah bagian dari Taman Nasional Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo ini merupakan habitat asli Komodo.

Kegiatan yang wajib dilakukan saat mengunjungi pulau ini adalah melihat komodo langsung dari jarak dekat. Namu demi alasan keamanan, setiap pengunjung harus ditemani pemandu atau ranger, karena Komodo termasuk dalam golongan hewan buas.

2. Menyusuri Pantai Pink

Keunikan dan keindahan alam Taman Nasional Komodo tak akan habis untuk diceritakan. Salah satunya adalah keberadaan pantai yang pasirnya berwana pink atau merah muda.

Sesuai namanya, Pink Beach atau Pantai Merah Muda dalam Bahasa Indonesia, adalah pantai yang unik karena punya pasir yang terlihat berwarna merah muda.

Pantai Pink yang ada di kawasan pulau ini memiliki pasir putih yang bercampur dengan pecahan batu koral berwarna merah. Perpaduan tersebut menghasilkan warna merah muda yang dapat disaksikan oleh semua pengunjung Pantai Pink.

Pantai Pink terkenal dengan airnya yang sangat jernih, sehingga lokasi ini cocok untuk melakukan kegiatan snorkling dan diving.

3. Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan salah satu jajaran pulau di Flores barat yang menjadi habitat asli Komodo. Pulau ini juga relatif lebih dekat dari Labuan Bajo. Sehingga membuatnya menjadi destinasi favorit banyak wisatawan.

Seperti dikatakan sebelumnya, di Pulau Rinca juga hidup Komodo meski tak sebanyak di Pulau Komodo. Terdapat trek atau rute yang bisa dipilih oleh wisatawan untuk tur mengunjungi komodo. Mulai dari trek pendek, sedang hingga terpanjang. Selain melihat kehidupan Komodo, kalian juga bisa bersantai sembari menikmati keindahan pasir putih, mendaki bukit, atau menyusuri hutan bakau.

4. Pulau Kelor

Saat melakukan wisata Pulau Komodo, salah satu destinasi yang wajib didatangi adalah pergi ke Pulau Kelor. Pulau ini menyajikan keindahan pantainya dengan pasir putih dan pemandangan yang memanjakan mata. Di tempat ini juga cocok untuk seseorang yang gemar mendaki bukit.

Meski hanya pulau kecil tanpa penghuni, pulau ini cukup terkenal sebagai salah satu pulau dengan spot foto terkenal di Taman Nasional Komodo. Selain itu, di sekitar Pulau Kelor juga ada area-area snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang oke.

5. Gili Lawa

Wisata Pulau Komodo yang berikutnya adalah Gili Lawa atau Gili Laba. Objek wisata ini merupakan sebuah pulau kecil yang berada di sebelah utara Pulau Komodo. Gili Lawa adalah pulau berbukit yang cocok untuk didaki. Dari atas bukit Pulau Gili Lawa ini, kalian dapat menyaksikan keindahan laut dangkal yang berwarna biru kehijauan.

Selain itu juga pantai berpasir putih, dan hamparan rumput hijau di perbukitan.Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Gili Lawa yakni saat bulan Agustus dan September. Sebab, pada bulan ini hamparan rumput hijau di perbukitan Gili Lawa akan mengering. Lantas berubah warna menjadi cokelat kekuningan ala padang sabana. Gili Lawa juga menawarkan keindahan panorama bawah laut. Berupa terumbu karang dan biota lautnya.