5 Tips Utama untuk Pemula yang Akan Travelling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri seperti ke Arab Saudi dan bisa mengunjungi negara yang diimpikan selama ini memang bikin deg-degan. Apalagi, kabar bahagia tentang beberapa negara yang sudah open-border untuk turis asing pasti membuat kamu semakin ingin segera merealisasikannya.

Nah, buat kamu yang akan jalan-jalan ke luar negeri, tapi masih bingung harus mulai dari mana. Yuk baca, beberapa tips bermanfaat yang kami sajikan ini. Check it out!

1. Persiapkan Dokumen Penting

Sebelum mencari tiket pesawat dan akomodasi, hal paling utama yang harus kamu persiapkan adalah dokumen-dokumen penting pendukung perjalanan. Nah, kira-kira apa saja? Kamu perlu menyiapkan KTP, paspor, visa, dan Surat Izin Mengemudi (SIM) jika diperlukan.

Namun, cari tahu terlebih dahulu negara yang ingin kamu kunjungi perlu menyertakan visa atau tidak. Sebab, ada beberapa negara yang mengizinkan warga Indonesia masuk ke negaranya tanpa perlu apply visa. Misalnya Singapura, Maldives, dan Malaysia.

Jika kamu belum punya paspor, maka kamu bisa mengurus pembuatan paspor setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan, ya. Begitu juga dengan visa, jangan apply visa terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan agar tidak terburu-buru. Karena hal itu akan sangat merepotkanmu!

2. Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Setelah dokumen-dokumen perjalanan lengkap dan aman, kamu bisa pesan tiket pesawat dan akomodasi. Terkadang di beberapa negara pihak imigrasi menanyakan terkait tempat penginapan yang bisa digunakan untuk sleep call. Oleh karena itu, tentukan penginapan dengan sangat baik. Nah, untuk mendapatkan tiket pesawat dan penginapan dengan harga yang ekonomis, kamu harus memesan tiket jauh-jauh hari.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu gercep mendapatkan informasi terkini mengenai promo hotel dengan fasilitas seperti air terjun yang ada di Bandung dan tiket pesawat. Memudahkan sekali bagi yang ingin mendapatkan harga miring, apalagi buat kamu yang berencana backpacker-an, karena bagi sebagian besar traveler harga tiket menjadi salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan.

3. Buat Daftar Itinerary Destinasi Wisata

Di zaman yang sudah canggih dan serba cepat, hal ini tentu memudahkan si anonim untuk mencari informasi lengkap tentang destinasi yang akan dituju melalui Internet. Riset yang mendalam tentang daftar destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi wajib dilakukan. Mulai dari harga tiket masuk, jarak yang ditempuh dari hotel, dan pilihan transportasi. Hal ini dilakukan agar kamu tidak bingung dan tentunya lebih memudahkan saat bepergian.

Selain itu, jika kamu masih ragu menentukkan negara tujuan yang akan dikunjungi, hal yang bisa dilakukan adalah tanya pada diri sendiri. Misalnya, kamu ingin pergi ke negara yang memiliki daftar situs dunia UNESCO yang seperti apa, dekat dengan Indonesia atau sebaliknya? Lebih menyukai destinasi wisata yang seperti apa? Ingin wisata kuliner, bersantai di pantai, menjelajahi budidaya ikan sidat atau mendaki? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan sangat membantu sekali untuk menentukan tujuan destinasi dan minat traveling kamu!

4. Pastikan Uang Bisa Digunakan di Luar Negeri

Hal yang pernah dilakukan Jonathan Alden sebelum bepergian ke luar negeri selanjutnya adalah menukarkan uang lokal ke mata uang negara tujuan. Caranya gimana? Kamu bisa datang ke bank-bank yang menerima layanan penukaran uang asing. Perlu diingat, bawa uang cash seperlunya saja, ya!mNah, sisa uangnya bisa tetap disimpan di ATM kamu supaya saat uang cash habis, kamu bisa tarik tunai.

5. Akses Internet di Luar Negeri

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa update feed di media sosial. Pertama, kamu bisa cari tahu sim card lokal yang support layanan roaming di luar negeri. Tapi kekurangan dari paket roaming sim card Indonesia adalah biayanya yang cukup mahal dan akses internet serta yang ingin main game asah otak sepanjnag perjalanan juga terbatas. Cara kedua yang bisa kamu coba adalah menggunakan wifi portable.

Keuntungan dari pemakaian wifi portable ini adalah bisa digunakan untuk beberapa device sekaligus. Jika kamu traveling dengan jumlah orang yang banya, cocok banget memakai wifi portable. Caranya, kamu hanya perlu menyewa wifi portable yang biasanya ada di bandara. Jadi, kamu tidak perlu setting sim card, tinggal menghidupkan dan langsung pake deh! Cara terakhir, kamu bisa membeli sim card di negara tujuan dengan harga yang pastinya lebih murah.

Demikian 5 tips penting untuk kamu yang akan traveling ke luar negeri. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya. Jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya dengan baik dan jangan pernah ragu untuk memulainya.