Pantai Cantik Yang Ada di Sumatera Utara

Tanah Sumatera dianugerahi keindahan alam yang luar biasa, salah satunya ada di Sumatera Utara. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang cantik dan eksotis, terutama destinasi wisata terkenalnya, Danau Toba. Akan tetapi, provinsi ini juga memiliki sederet pantai cantik yang menarik Anda kunjungi. Berikut daftar wisata pantai populer di Sumatera Utara yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Cermin, Serdang Bedagai

Lokasi tepatnya berada di Serdang Bedagai, Desa Pantai Cermin Kanan yang hadir sebagai destinasi wisata keluarga. Pantai ini memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Medan, dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Daya tarik utama dari destinasi ini, yaitu memiliki keindahan alam yang luar biasa serta pasir putih yang lembut. Anda bisa bermain pasir di tepi pantai untuk membuat kastil atau lainnya.

2. Pantai Pandan, Tapanuli Tengah

Destinasi wisata satu ini menjadi salah satu pantai cantik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Sumatera Utara. Lokasi tepatnya berada di kabupaten Tapanuli Tengah dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Sibolga.

Pesona yang disuguhkan untuk para pengunjung cukup menarik, yaitu air laut yang jernih serta pasir putih yang lembut. Pasir ini membentang di sepanjang lautan, sehingga sangat nyaman untuk berjalan jalan di bibir pantai

3. Pantai Mutiara, Serdang Bedagai

Bagi masyarakat Desa Kota Pari, Serdang Bedagai tentu sudah tidak asing dengan pantai satu ini. Lokasi tepatnya berada di kawasan hutan bakau, sehingga daya tarik utamanya ada di hamparan pohon yang luas. tak heran pantai ini asri, nyaman, dan para pengunjung betah berlama lama berlibur di tempat ini.

Para wisatawan yang datang ke tempat ini dapat melepas penat dan merefresh pikiran. Tenangnya laut beserta asrinya tanaman bakau menjadi salah satu alasan. Yang tak kalah menarik, yaitu adanya tempat penangkaran ikan laut dan kepiting di kawasan hutan bakau. Dua hewan laut ini menjadi salah satu mata pencaharian unggul bagi masyarakat sekitar.

4. Pantai Lumban Bul Bul Balige

Salah satu destinasi yang sangat terkenal di Sumatera Utara, yaitu Danau Toba. Tak jauh dari destinasi wisata ini terdapat kota Balige yang terkenal memiliki pantai cantik, yaitu Pantai Lumban Bul Bul. Jarak tempuh yang diperlukan agar sampai di lokasi wisatanya berkisar 2 km saja.

Daya tarik utama dari pantai cantik satu ini, yaitu ombaknya yang cukup tenang dan pasir putih yang lembut. Ombak tenang ini membuat para wisatawan dapat bermain air di tepi pantai dengan aman dan nyaman.

5. Pantai Bali Lestari, Serdang Bedagai

Lokasi wisata ini tak jauh dari Pantai Cermin sebelumnya, sehingga Anda bisa berkunjung ke dua tempat sekaligus. Menariknya, para pengunjung akan disuguhi nuansa pantai ala Bali yang sangat kental. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa spot pantai yang dilengkapi patung atau ornamen khas Pulau Dewata. Tempat ini bisa jadi obat rindu para pecinta pantai Bali.

6. Pantai Pondok Permai, Serdang Bedagai

Pantai yang diklaim sebagai salah satu pantai terbersih di Sumut ini berada di kabupaten Serdang Bedagai. Rekomendasi tempat liburan terbaik ini memerlukan jarak tempuh sekitar 50 km dari pusat kota Medan. Dengan begitu, Anda harus berangkat lebih awal agar dapat menikmati liburan di pantai dengan sangat memuaskan.

7. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri, Pulau Nias

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya, salah satunya Pulau Nias. Pulau satu ini telah dikenal oleh banyak orang, bahkan hingga ke mancanegara karena budayanya. Tak hanya itu, pulau satu ini juga dikenal sebagai lokasi yang memiliki keindahan alam luar biasa terutama pantainya yang mampu memikat hati siapa saja yang berkunjung.

8. Pantai Tureloto, Pulau Nias

Kembali mengisi deretan pantai di Pulau Nias yang tak boleh Anda lewatkan, karena Pantai Tureloto memiliki keindahan luar biasa. Keindahan alam satu ini mampu memanjakan mata Anda, mulai dari batuan karang yang cantik hingga pasir putih yang lembut. Paduan dua keindahan alam tersebut jadi salah satu ikon Pantai Tureloto yang sangat unik.

9. Pantai di Pulau Pandang Batubara

Lokasi tepat pantai ini berada di salah satu pulau terluar Indonesia, yaitu Pulau Pandang. Para pengunjung harus menempuh perjalanan darat dan laut untuk sampai ke lokasi tersebut.

Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa, yaitu air laut berwarna kehijauan yang sangat jernih. Selain itu, sekitar pantai memiliki suasana yang sangat asri karena dilengkapi tumbuhan yang rimbun dan lebat.

10. Pantai Berawe, Pulau Kampai Langkat

Liburan yang berbeda bisa Anda temukan saat mengunjungi Pantai Berawe yang menghadap langsung ke Selat Malaka. Anda hanya perlu menempuh jalur darat untuk sampai ke tempat ini.

Daya tarik utama dari lokasi ini, yaitu hamparan pasir putih yang luas yang cocok untuk menyusuri pantai. Selain itu, Anda juga akan disuguhi deburan ombak yang cukup kuat dan terpaan angin yang segar. Pengalaman liburan di Sumatera Utara kali dijamin tak akan terlupakan.