Barang yang Harus Dibawa Saat Piknik Bersama Keluarga

Padatnya kegiatan dan menumpuknya pekerjaan sehari-hari seringkali membuat hubungan keluarga menjadi sedikit renggang. Ayah dan ibu sering pulang karena lembur dan demi mengejar deadline, sedangkan anak-anak sepulang sekolah sibuk dengan gadget masing-masing dan bermain game online seperti Mobile Legend dan PUBG.

Hal ini kemudian menyebabkan momen bersama keluarga menjadi hal yang jarang terjadi. Anak-anak kebanyakan melalui hari-harinya tanpa pengawasan dari orang tua. Tentu hal seperti ini dapat menyebabkan anak mudah terpengaruh lingkungan yang buruk.

Agar hubungan orang tua da tidak semakin berjarak, orang tua harus meluangkan waktu dan membuat quality time dengan berkumpul bersama keluarga.

Salah satu hal menarik yang dapat dilakukan bersama adalah piknik. Piknik identik dengan liburan bersama keluarga sambil menggelar tikar di taman ataupun pinggir pantai.

Keluarga dapat menikmati lburan dengan bermain dan menikmati udara segar di alam terbuka tentu membuat anak-anak gembira.

Agar piknik ini menyenangkan, persiapan harus dilakukan dengan baik. Jangan samapai agenda liburan keluarga ini berantakan karena tidak dipersiapakan.

Berikut ini adalah daftar barang yang nggak boleh ketinggalan saat piknik.

Pakaian Ganti

Piknik biasanya dilakukan di alam terbuka. Sehingga anak-anak pasti akan berlari ke sana sini, melompat-lompat, dan melakukan berbagai aktivitas seru lainnya.

Akibatnya, baju anak akan basah karena berkeringat, sehingga baju ganti harus selalu dibawa. Selain baju, topi juga hal yang perlu untuk dibawa untuk menghindari keluarga terkena paparan langsung dari sinar matahari.

Makanan dan Minuman

Piknik tentu tak lengkap jika tak membawa bekal. Jika lokasi piknik yang dipilih tidak terlalu jauh dari rumah, maka mempersiapkan bekal dari rumah sebaiknya dilakukan.

Ada banyak jenis makanan yang dapat dibawa untuk piknik bersama keluarga, yaitu sandwich, nasi goreng, kentang goreng, buah, dan berbagai makanan ringan.

Selain makanan, tentu penting untuk mempersiapkan minuman, agar anggota keluarga tidak kehausan setelah bermain.

Agar liburan ini semakin estetik, semua makanan dan minuman yang dibawa dapat disusun di dalam keranjang rotan.

Tikar atau alas kain

Barang yang tak boleh ketinggalan saat piknik salah satunya adalah tikar. Tikar tidak hanya digunakan sebagai tempat duduk, namun juga sebagai alas untuk semua makanan dan minuman yang dibawa.

Agar praktis, maka bawalah tikar lipat dengan ukuran yang pas dengan seluruh keluarga. Jika memang tak ada tikar, kain yang lebar juga bisa jadi penggantinya.

Sunscreen

Piknik biasanya dilakukan di alam terbuka, sehingga keluaga pasti kena paparan sinar matahari langsung. Jadi, agar kulit tidak gosong dan kena iritasi, suscreen wajib masuk dalam daftar barang yang dibawa saat piknik.

Lotion anti nyamuk

Lotion anti nyamuk juga jangan sampai ketinggalan, sebab di lingkungan terbuka, keluarga rentan terkena gigitan nyamuk. Sehingga sebelum mulai bermain, pastikan seluruh keluarga telah menggunakan lotion anti nyamuk.

Hand sanitizer

Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer. Barang yang satu ini akan berguna untuk membersihkan tangan keluarga saat akan menyentuh makanan, karena saat piknik sarana air cuci tangan tidak selalu tersedia.

Selain itu, tisu juga harus ada dalam daftar barang bawaan. Tisu akan digunakan untuk membersihkan sisa makanan dan lainnya. Apalagi menikmati makan dan minum saat piknik akan rawan berantakan. Tisu juga sangat bermanfaat untuk mengusap keringat setelah kamu lelah bersenang-senang.

Kantong plastik sampah

Setelah melakukan piknik keluarga pasti akan ada banyak sampah, entah itu dari sisa makanan, tisu, hingga sampah plastik.

Sebelum meninggalkan lokasi, seluruh keluarga berkewajiban untuk mengumpulkan semua sampah tersebut agar alam tetap bersih. Untuk itu, pastikan untuk membawa kantong plastik untuk menampung semua sampah tersebut.

Oh iya, jagan lupa untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen-momen kebersamaan keluarga.