8 Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat Beserta Lokasi nya

Papua Barat, provinsi yang letaknya berada di sebelah Merauke Negara Indonesia ini merupakan tempat yang kaya akan flora dan fauna.

Selain dikenal dengan flora dan fauna nya yang beragam, Papua Barat terkenal dengan destinasi nya yang sangat menarik

Ada begitu banyak wisata yang bisa kita kunjungi di tempat ini. Selain itu, objek wisatanya juga beragam, mulai dari hamparan alam yan sangat menakjubkan, flora dan fauna nya yang beragam, hingga budaya nya yang unik.

Namun, yang menjadi incaran banyak wisatawan hingga para tourist adalah tujuan wisata Papua Barat dengan objek wisata alam.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tujuan wisata terkenal di Papua Barat beserta lokasinya. Mari kita bahas satu persatu.

Papua Barat, provinsi yang letaknya berada di sebelah Merauke Negara Indonesia merupakan tempat uyang kaya akan flora dan fauna.

Selain dikenal dengan flora dan fauna nya yang beragam, Papua Barat terkenal dengan destinasi nya yang sangat menarik

Ada begitu banyak wisata yang bisa kita kunjungi di tempat ini. Selain itu, objek wisatanya juga beragam, mulai dari hamparan alam yan sangat menakjubkan, flora dan fauna nya yang beragam, hingga budaya nya yang unik.

Namun, yang menjadi incaran banyak wisatawan hingga para tourist adalah tujuan wisata Papua Barat dengan objek wisata alam.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tujuan wisata terkenal di Papua Barat beserta lokasinya. Mari kita bahas satu persatu.

8 Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat Beserta Lokasi nya

1.Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan salah satu tujuan destinasi terkenal di Papua Barat. Termpat ini berlokasi di Teluk Cenderawasih, kurang lebih 5 jam dari Ibu Kota Papua Barat, Manokwari.

Taman yang satu ini dikenal dengan gugusan pulaunya yang terdiri dari Pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.

Banyak kalangan yang beranggapan bahwaTaman Nasional laut ini merupakan yang terluas di Indonesia dengan hampir 90% merupakan lautan.

Objek wisata yang menarik perhatian sebagian besar pengunjungnya yaitu mangrove, hutan tropis, serta indahnya terumbu karang di dasar laut.

Selain itu taman yang satu ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang kaya akan biota laut nya.

Kalian dapat menjumpai penyu berjenis langka, lumba-lumba, hiu hingga paus biru juga sering dijumpai di kawasan perairan wisata Papua Barat ini.

2. Danau Framu

Danau Framu merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang di kenal dengan permukaan airnya yang tidak pernah tercemar.

Warna air objek wisata Papua Barat ini benar-benar biru dan jernih seperti cermin dimana kamu bisa melihat refleksi dirimu sendiri di permukaan air.

Danau Frama bertempat di Framu, Ayamaru, Kabupaten Maybrat, kawasan Danau Framu dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat area di tepian terasa menyejukkan.

Kamu dapat menghabiskan waktu yang lama disini hanya untuk relaksai dan bersantai bersama dengan orang terdekat kamu.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi di pagi hari, karenanMenghabiskan banyak waktu di tempat wisata di Papua Barat ini bisa jadi pilihan untuk relaksasi, apalagi jika kamu bertandang di pagi hari.

3. Situs Purbakala Tapurarang

Tidak hanya sebatas wisata alam nya saja, wisata Papua Barat juga tidak terlepas dari budayanya yang kental. Itulah alasan masih banyak situs peninggalan yang dilestarikan sebagai bentuk penghormatan.

Termasuk Situs Purbakala Tapurarang. Terdengar cukup seram jika mengetahui bahwa terdapat jejak darah telapak tangan manusia dan binatang di bebatuan situs tersebut.

Hal itulah yang membuat situs Purbakala Tapurarang ini menjadi salah satu tujuan destinasi terkenal di Papua Barat.

Destinasi wisata sejarah yang satu ini berlokasi di Kokas, Fak Fak ini dikelilingi hutan bakau nan asri. Hutan bakau ini juga menjadi habitat bermacam-macam jenis burung, mulai dari bangau hingga cendrawasih.

Buat kamu yang memiliki hobi dalam fotografi fauna, maka destinasi yang satu ini cocok buat kamu.

4. Pegunungan Arfak

Jangan sampai kalian salah paham ya, Pegunungan Arfak ini merupakan nama kabupaten di Papua Barat.

Primadona di kabupaten ini adalah dua danau-nya yaitu Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Kedua objek wisata di Papua Barat ini diketahui masih belum banyak terjamah turis sehingga masih amat bersih dan asri.

Yang membuat nya menjadi lebih mearik adalah di tengah danau terdapat pasir putih yang dapat dijadikan tempat sempurna untuk bersantai.

Selain itu, disepanjang perjalanan ke dua danau tersebut kamu juga bisa sekaligus berwisata budaya. Sederetan rumah tradisional yang dilewati bisa jadi pengamatan budaya masyarakat lokal.

Itulah mengapa Pegunungan Arfak kerap disebut sebagai tujuan wisata terkenal di Papua Barat.

5. Gunung Meja

Nama tempat yang satu ini memang cukup unik, sehingga tak jarak mengundang banyak minat para wisatawan local maupun interlokal.

Objek wisata yang satu ini berupa hutan wisata Gunung Meja memang sekilas terlihat menyerupai meja jika dilihat dari kejauhan.

Namun jangan sampai kalian terkecoh ya, wisata Gunung Meja tidak terletak di gunung jauh dari perkotaan, melainkan berada di tengah-tengah wilayah ibu kota Papua Barat, Manokwari.

Selain sering dikenal sebagai tempat yang cocok untuk hiking dan piknik, tempat wisata yang satu ini juga merupakan kawasan hutan lindung, sehingga flora dan fauna yang tinggal di dalamnya terjaga dengan baik. Burung dan tanaman langka bisa kamu temukan sepanjang perjalanan mengitari hutan wisata di Papua Barat ini.

Nah itulah mengapa wisata yang satu ini kerap disebut sebagai tujuan destinasi terkenal di Papua Barat.

6. Pulau Mansinam

Secara sekilas, tempat ini hampir mirip dengan gugusan pulau di Raja Ampat, namun Pulau Mansinam sebenarnya menjadi salah satu pulau yang cukup penting bagi masyarakat Papua Barat.

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Teluk Doreh, 6 km dari ibu kota Papua Barat, Manokwari, destinasi wisata di Papua Barat ini dipercaya merupakan awal dari peradaban masyarakat Papua Barat.

Selain hamparan pantai, pulau ini juga menyimpan peninggalan bersejarah serta kisah terbentuknya agama Kristen di sana. Disini kamu bisa menyaksikan monumen patung Yesus layaknya yang ada di Rio De Janeiro.

Hal itulah yang menjadikan tempat wisata ini menjadi salah satu tujuan wisata Papua Barat yang menarik banyak minat wisatawan.

7. Pantai Bakaro

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Sunsweni, Manokwari Barat.

Pantai yang satu ini tidak kalah cantik dengan pantai yang ada di gugusan kepulauan Raja Ampat. Pasir putihnya yang berkilauan serta air laut nan jernih dengan warna biru kehijauan menjadi alasan mengapa tujuan wisata di Papua Barat ini amat istimewa.

Selain dapat dijadikan sebagai tempat untuk melihat matahari tenggelam, pantai ini juga dapat menjadi spot sempurna memancing ikan.

Nah, itulah mengapa tempat wisata yang satu ini masuk kedalam salah satu wisata terkenal di Papua Barat.

8. Gunung Botak

Tempat wisata yang satru ini berlokasi di Distrik Momi Waren, Gunung Botak bisa menjadi alternatif wisata di Papua Barat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi.

Kawasan wisata alam di Papua Barat ini terkenal sebagai destinasi camping favorit karena panorama yang disajikannya.

Dari tempat ini, kamu bisa melihat langsung indahnya pantai berbingkai perbukitan asri dari kejauhan yang sangat indah.

Tak hanya sampai di situ, di dekat tempat wisata Papua Barat ini juga terdapat danau yang kerap dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat memancing.

Nah, itulah 8 Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat Beserta Lokasinya. Semoga pembasan kali dapat menambah referensi tempat wisata buat kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.