Mengenal Wisata Keraton Yogyakarta

Yogyakarta dan Keraton seakan tidak bisa dipisahkan. Keduanya memiliki hubungan erat dan menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Banyak turis dan masyarakat Indonesia mengunjungi tempat ini, seperti dikta. Menyimpan banyak peninggalan bersejarah, objek wisata sejarah ini sangat cocok untuk liburan sambil belajar hal baru.

Sekilas Tentang Keraton Yogyakarta

Liburan di Jogja tanpa menginjakkan kaki di Keraton Yogyakarta rasanya tidak lengkap. Istana yang merupakan tempat tinggal Sultan Jogja ini memang menyimpan daya tarik yang luar biasa. Tak heran jika hingga kini menjadi ikon wisata yang dikunjungi wisata lokal maupun internasional. Selain itu keberadaan keraton juga menjadi elemen yang penting.

Wisata Sejarah

Jika ingin mendapatkan wawasan baru, kegiatan satu ini bisa anda lakukan. Keraton yang menjadi tempat tinggal raja ini juga menyimpan banyak sejarah. Koleksi di dalamnya sangat beragam, dan seakan akan anda diajak ke masa silam. Anda bisa memanfaatkan fasilitas pemandu wisata jika ingin tahu lebih detail perihal seluk beluk Keraton.

Mengunjungi Museum

Di dalam keraton Yogyakarta, anda juga bisa menemukan museum museum. Mulai dari museum Sultan Sri Hamengkubuwono IX hingga Museum Batik. Di museum sang sultan, anda akan diajak menelisik lebih dalam tentang jasa jasa beliau. Sementara di dalam museum batik ada beragam koleksi batik juga alat untuk membatik yang sangat menarik.

Menyaksikan Pertunjukkan Seni

Aktivitas menarik selanjutnya adalah melihat pertunjukkan seni yang sengaja digelar untuk para pengunjung. Menariknya untuk menyaksikan pertunjukkan tersebut, anda tak perlu merogoh biaya tambahan. Anda bisa memeriksa jadwalnya untuk tahu pertunjukkan apa saja yang biasanya ditampilkan. banyak juga wisatawan asing yang sengaja datang untuk melihat pertunjukkan ini.

Berburu Foto Cantik

Hal yang tak boleh dilewatkan saat singgah di Keraton Yogyakarta adalah hunting foto. Keraton memiliki bangunan yang megah, sehingga sangat cocok untuk mengambil beberapa foto cantik. Anda yang membawa kamera, nantinya akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 1000 saja. Namun anda tak bisa mengambil gambar saat ada di museum batik.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Keraton Yogyakarta

Fasilitas yang bisa anda temukan di wisata andalan Jogja ini juga terbilang lengkap. Pengelola menyediakan lahan parkir luas bagi para wisatawan dan tentunya aman. Selain itu, anda juga bisa menemukan toilet dalam kondisi memadai dan bersih. Tidak ketinggalan, jika anda ingin tahu lebih jauh tentang tempat wisata sejarah ini, maka anda bisa memanfaatkan Pemandu Wisata.

Ketika akan pulang, anda bisa menuju toko cinderamata untuk berburu oleh oleh bagi kerabat di rumah. Anda juga tak perlu khawatir masalah perut, mengingat disini juga tersedia fasilitas restoran atau warung. Untuk menemukan penginapan juga tidak sulit, karena memang lokasinya di tengah kota. Jika ingin ibadah, masjid Gedhe juga bisa jadikan tujuan.

Bagi anda yang sedang liburan di Jogja dan berkunjung ke keraton, anda harus mematuhi beberapa aturan. Seperti harus selalu menjaga perilaku dan menjaga tutur kata selama di dalam. Selain itu anda juga tidak diizinkan duduk sembarangan, terutama di Bangsal. Pengunjung juga dilarang memasukkan uang ke dalam sumur tua yang ada.

Tempat wisata di Jogja satu ini memang memiliki kesan tersendiri di hati pengunjung. Wajar jika Keraton Yogyakarta tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Selain bisa melepas penat, berkunjung ke keraton juga bisa menambah wawasan. Pastikan untuk mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pengelola saat liburan kemari.