Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia Selain Bali

Jika berbicara mengenai wisata Indonesia yang mendunia, kebanyakan orang pastinya langsung menyebutkan Bali. Pulau yang tersohor karena keindahan pantainya ini, jadi ikon wisata Indonesia yang paling dituju oleh wisatan internasional.

Ada beberapa pantai yang jadi andalan wisata pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini, diantaranya Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, Pantai Sanur, dll.

Namun, keindahan Indonesia tak hanya ada di Bali. Setiap wilayah Nusantara mempunyai pesonanya masing-masing. Mulai dari pegunungan, pesisir yang indah, air terjun, hingga danau, semuanya ada.

Agar tujuan wisata kamu tak hanya di Bali, berikut ini rekomendasi tempat wisata terbaik di Indonesia yang wajib banget dikunjungi.

Borobudur

Candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah merupakan peninggalan agama Budha di Indonesia yang diperkirakan sudah berusia seribu tahun.

Keindahan arsitektur candi ini patut diacungi jempol dengan ukiran batu relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha. Candi ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia, sehingga candi ini sangat populer hingga ke luar negari.

Labuan Bajo

Labuan Bajo menjadi salah satu wisata di Indonesia yang mempunyai keindahan tiada tara, salah satunya adalah Taman Nasional Komodo yang telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Para pengunjung yang datang ke taman ini dapat melihat kehidupan hewan endemik langka, komodo, secara langsung di habitatnya.

Tak hanya itu saja, Pulau Komodo juga memiliki banyak wisata alam lain yang layak dikunjungi. Misalnya seperti Pink Beach, sebuah pantai dengan pasir merah muda yang sangat indah. Kemudian pulau padar, pulau kelor, bukit cinta, pulau manjerite, dan lain sebagainya.

Danau Toba

Danau Toba merupakan danau yang punya banyak cerita mistis, namun punya keindahan alam yang sangat indah. Terletak di Sumatera Utara, Danau Toba terbentuk akibat letusan Gunung Toba ratusan tahun lalu.

Danau ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi. Di tengah danau terdapat Pulau Samosir yang ditinggali oleh masyarakat Suku Batak. Selain terluas, danau ini juga termasuk salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.

Raja Ampat

Bergese ke Provinsi Papua, wisata yang paling tersohor dari wilayah ini adalah Raja Ampat. Bagi penggemar aktivitas snorkeling, Raja Ampat adalah surga. Keindahan alam bawah lautnya luar biasa bahkan seluruh dunia mengakui hal itu.

Daya tarik Raja Ampat tak hanya diminati oleh wisatawan lokal saja, tetapi juga sudah menarik hati para wisatawan dari berbagai belahan dunia lainnya. Ini karena Raja Ampat dikenal juga dengan sebutan ‘surga’ tersembunyi di Timur Indonesia.

Ada 5 tempat tersohor yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Pianemo, Telaga Bintang, Wayag, Manta Point (Misool), dan puncak harfat.

Gunung Bromo

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semerudi Provinsi Jawa Tengah.

Keindahan pemandangan dari gunung ini sudah terlihat mulai dari jalur pendakiannya hingga kawahnya. Gunung ini merupaka tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit, hingga para wisatawan menobatkan gunung ini sebagai tempat terindah untuk melihat matahari terbit di Indonesia. Selain itu, kawah Gunung Bromo juga sangat menarik indah. Kemudian jangan lupa juga untuk berkunjung ke Pasir Berbisik, hamparan padang pasir seluas 5920 hektar yang terbentang di jalur menuju puncak Bromo.

Jika belum berkesempatan untuk mengunjungi salah satu wisata di atas, mulailah menabung dan menghasilkan uang dari sekarang. Semoga suatu saat, kamu berkesempatan untuk mengunjungi wisata-wisata indah tersebut.