Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo, sebuah nama yang akhir-akhir ini hangat diperbincangkan dalam dunia pariwisata. Tempat ini berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Pesona alamnya yang indah, eksotis, dan masih asri lah yang membuat Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata paling hits saat ini.

Labuan Bajo mendunia salah satunya adalah karena keberadaan Taman Nasional Komodo yang merupakan salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Keindahan alam dan satwa purba yang hanya ditemukan di Indonesia ini menjadi daya tarik utama pariwisata disini.

Ketika Sobat Pesona berada di Taman Nasional Komodo, akan disuguhkan beberapa atraksi yang menakjubkan. Salah satunya adalah berfoto bersama Komodo. Ini akan menjadi pengalaman tidak terlupakan seumur hidup yaitu berfoto bersama hewan langka yang hanya ada di Indonesia.

1. Pariwisata

Labuan Bajo terletak di dekat Taman Nasional Komodo, sehingga jika kamu berwisata ke sana pastikan untuk tidak melewatkan keduanya ya. Selain dua destinasi tersebut, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan pulau-pulau eksotis yang ada di sana (Pulau Padar, Pulau Kelor, dan Pulau Rinca), berbagai satwa endemik, serta keindahan Pantai Merah yang memanjakan mata.

2. Budaya

Nusa Tenggara Timur dihuni oleh berbagai macam suku, sedangkan untuk wilayah Labuan Bajo sendiri dihuni oleh orang-orang suku Bajo. Masyarakat di sini memiliki budaya yang menarik seperti tradisi kepok yang merupakan tradisi sejenis sambutan selamat datang. Di mana saat ada rombongan wisatawan yang datang, masyarakat setempat akan menyambutnya dengan memakai pakaian tradisional setempat. Selain itu jika kamu datang di saat yang tepat, di sini juga ada Festival Komodo yang menampilkan berbagai kesenian daerah.

3. Serba-serbi

Tanah Manggarai memiliki kain khas yang bernama kain songke, kain songke memiliki bermacam-macam motif dengan makna masing-masing. Untuk pecinta kuliner juga tidak perlu khawatir karena Labuan Bajo memiliki makanan khas yang lezat dan patut untuk dicoba, diantaranya adalah Kalo yakni nasi bakar yang diberi lauk berupa ikan dan rumpu rampe. Kemudian ada sei, daging sapi asap yang disantap dengan sambal.

Itulah ulasan mengenai Labuan Bajo, salah satu destinasi wisata Indonesia yang keindahan alamnya mendunia, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk liburan karena di Indonesia masih banyak surga yang patut kamu kunjungi.

4. akses Menuju Labuan Bajo

Labuan Bajo dapat diakses melalui jalur darat, laut, dan juga udara. Keindahan Pulau Komodo dengan kekayaan budaya lokal dan pulau-pulau eksotis di sekitarnya membuat Labuan Bajo menjadi tempat wisata yang potensial dan ramai dikunjungi.

a. Jalur Udara

Jika Sobat Pesona ingin menggunakan transportasi udara, maskapai Transnusa Airlines secara langsung menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia, seperti Makassar, Semarang, Balikpapan, Kupang, dan Mataram.

b. Jalur Darat

Sobat Pesona dapat menggunakan bus dari Bali menuju ke Mataram, Lombok. Dari sana, Sobat Pesona akan melanjutkan perjalanan menuju Bima di Sumbawa dan kemudian akan diteruskan melalui perjalanan menuju ke Sape. Saat tiba di Sape, Sobat Pesona dapat menaiki kapal feri menuju Labuan Bajo.

c. Jalur Laut

Sobat Pesona bisa menaiki kapal Leuser dari PELNI yang berlayar dari Makassar, Sulawesi Selatan atau kapal PELNI KM Binaiya yang berangkat dari Denpasar (Benoa) ke Labuan Bajo.