Deretan Kebun Teh Terbaik di Indonesia, Salah Satunya di Simalungun

Menghabiskan waktu liburan di kebun teh merupakan pilihan wisata yang cukup popular belakangan ini. Hamparan teh yang menghijau akan membuat pengunjung merasa tenang dan nyaman.

Di aeral perkebunan, pengunjung dapat menemukan berbagai spot foto menarik yang cocok untuk di unggah ke media sosial. Selain itu, pengunjung juga dapat camping di sekitaran perkebunan.

Sebagai referesi untuk liburan Anda dan keluarga, berikut ini ada beberapa kebun teh terbaik di Indonesia yang jadi pilihan wisata terbaik:

Kebun Teh Gunung Mas, Bogor

Kebun teh pertama yang jadi destinasi wisata populer di Indonesia adalah Kebun Teh Gunung Mas yang terletak di Jalan Raya Puncak Gadog KM. 87, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini selalu jadi buruan warga Jabodetabek saat waktu liburan tiba. Hamparan perkebunan teh sepanjang mata memandang dengan iklim pegunungan membuat suasana berlibur terasa sempurna.

Di Kebun Teh Gunung Mas ini, pengunjung bisa jalan-jalan santai berkeliling kebun teh ditemani seorang pemandu. Kemudian pengunjung juga bisa menikmati sejumlah aktivitas seru seperti outbound, berenang, sampai berkunjung ke pabrik teh. Di pabrik, pengunjung bisa melihat langsung proses pengolahan teh.

Kebun Teh Rancabali (Ciwidey, Jawa Barat)

Wisata kebun teh rekomendasi selanjutnya berada di Ciwidey, Jawa Barat. Pemandangan asri yang ada di kebun ini sangat cocok sebagai lokasi healing.

Selain itu, lokasi kebun teh ini juga sangat strategis karena karena berada di samping jalan raya. Sehingga mudah di akses.

Pengunjung tidak perlu repot karena tinggal menepikan kendaraan langsung sampai di kawasan wisata keren ini.

Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan mengunjungi pabrik teh yang ada di sana untuk belajar mengenai pengolahan teh mulai dari pembibitan, perawatan hingga pengemasan.

Hasil teh dari kebun ini berkualitas tinggi, sehingga di pasarkan hingga ke mancanegara.

Kebun Teh Tambi

Bergeser ke wilayah Jawa Tengah ada sebuah kebun teh populer yang cocok jadi destinasi wisata, yaitu Kebun Teh Tambi. Lokasi perkebunan ini cocok menjadi lokasi berburu foto, jadi jangan lupa untuk membawa kamera terbaik saat berkunjung.

Selain melihat hamparan kebun teh yang hijau, kalian juga bisa menikmati sajian panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang mengagumkan.

Namun, saat berkunjung pastikan untuk menggunakan pakaian tebal karean suhu di area kebun ini sangatlah dingin.

Kebun Teh Sidamanik (Sumatera Utara)

Sumatera Utara juga punya wisata kebun teh yang sangat populer yaitu Kebun Teh Sidamanik yang terletak di Kabupaten Simalungun.

Kebun Teh Sidamanik ini memiliki hamparan perkebunan teh yang membentang seluas 8.373 hektar. Posisinya yang berada di jalan lintas menuju Danau Toba membuat banyak pengunjung yang singgah di kebun teh ini untuk berfoto.

Ada berbagai latar foto yang disediakan seperti tulisan Bah Butong, replika boneka teletubbies dan aneka bunga buatan serta mengenakan peralatan memetik teh seperti topi dan bakul, setiap orang dikenakan tarif Rp 5.000.

Namun bagi warga yang merasa tarif di zona foto terlalu memberatkan, boleh juga melakukan foto ria di hamparan kebun teh, tentu tanpa latar dan peralatan pemetik teh.

Hamparan kebun teh yang hijau akan menyambut para pengunjung yang datang. Selain itu, ada berbagai wisata lainnya yang dapat dikunjungi saat berada di kebun teh ini seperti air terjun Bah Biak dan pemandian alam Bah Damanik.

Selain bisa menikmati jamuan panorama cantik di sekitar perkebunan Sidamanik, pengunjung juga bisa membeli teh hasil dari perkebunan tersebut, untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Berwisata ke kebun-kebun teh yang sudah disebutkan di atas akan membuat Anda lepas sejenak dari kesibukan sehari-hari dan rutinitas membosankan yang selama ini Anda lakoni.