Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung saat ini menjadi aktivitas menantang yang sering dilakukan para pecinta alam dan penyuka tantangan. Menikmati suara alam, pemandangan, dan kebersamaan di puncak gunung menjadi alasan mengapa mendaki menjadi aktivitas seru yang harus dicoba bersama teman-teman.

Akan tetapi, karena aktivitas ini butuh biaya yang besar, para pendaki harus mencari cara untuk menghasilkan uang dengan cepat untuk membiayai perjalanan. Namun, para pendaki akan langsung lupa dengan sulitnya mencari uang, setelah berhasil sampai ke puncak tertinggi.

Sayangnya, beberapa dari mereka tidak mengedukasi diri dengan pengetahuan tentang mendaki gunung, termasuk pantangan-pantangan yang nggak boleh dilakukan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan atau hal mengerikan lainnya saat mendaki.

Agar hal tersebut tidak menimpa kamu, sebaiknya jangan lakukan hal-hal berikut ini:

Menyepelekan Pendakian

Meskipun kamu tidak sedang mendaki gunung tertinggi, jangan pernah menyepelekan pendakian, karena bahaya dan resiko dapat terjadi tanpa terduga.

Salah satu tindakan menyepelekan pendakian misalnya berlagaj kuat sehingga tidak melakukan pemanasan sebelum melakukan perjalanan.

Meskipun sepele, hal-hal ini dapat menimbulkan masalah yang akan membuat kamu ribet sendiri di jalan, seperti keseleo, kram kaki. Sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan sampai ke puncak.

Berkata kotor

Kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap gunung sebagai tempat suci, yang dihuni oleh arwah-arwah. Hal ini membuat masyarakat menyarankan agar para pendaki menjaga ucapan saat berada di gunung.

Masyarakat juga mempercayai jika mengucapkan kata kotor saat mendaki dapat membuat para penunggu gunung tersebut marah dan menyebabkan kecelakaan dan berbagai mara bahaya.

Membunuh binatang

Gunung identik dengan kawasan alam yang masih asri dan menjadi tempat tinggal berbagai macam hewan, seperti monyet, ular, tupai, hingga harimau. Saat melakukan pendakian, kamu kemungkinan akan bertemu dengan hewan-hewan tersebut.

Namun, satu hal yang tak pantang dilakukan adalah menggangu atau membunuh hewan tersebut.

Membuang Sampah Sembarangan

Saat mendaki gunung, kita melewati kawasan alam yang masih asri dan alami. Keasrian alam tersebut harus dijaga oleh setiap pendaki yang melewatinya, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain karena membuang sampah adalah tindakan yang tidak terpuji, tindakan tersebut dapat mengurangi keindahan dari gunung tersebut. Para pendaki pasti tidak akan senang jika gunung yang ia kunjungi penuh sampah.

Oleh sebab itu, jangan pernah tinggalkan sampah di gunung. Sediakan kantong plastik untuk membawa sampah-sampah kita.

Tetap Bersama dengan Rombongan

Saat mendaki, pastikan untuk tidak terpisah dari rombongan atau meninggalkan teman satu rombongan dengan jarak yang cukup jauh. Karena setiap orang memiliki stamina yang berbeda-beda. Sehingga lebih baik jika orang dengan stamina paling lemah diposisikan di tengah kelompok, agar tak tertinggal.

Beberapa kematian dan laporan orang hilang di gunung disebabkan oleh terpisah dan tertinggal dari kelompoknya. Oleh karena itu, kekompakan dan saling menjaga adalah hal yang harus dijaga selama mendaki.

Hindari Pendakian Ilegal

Untuk melakukan pendakian, seorang penadaki harus melakukan registrasi di basecamp pendakian yang ada di gunung tersebut.

Registrasi ini dilakukan untuk mengetahui jumlah pendaki yang naik ke gunung tersebut. Jika terjadi hal yang tidak menyenangkan saat pendakian, misalnya jatuh, kecelakaan, sakit, tersesat, dan sebagainya, pengelola gunung dapat mengetahui ada rombongan yang belum kembali. Sehingga pengola dapat segera menerjunkan regu penyelamat secepat mungkin untuk melakukan pencarian dan penyelamatan.

Jika kamu melakukan pendakian ilegal, maka saat ada masalah, pihak pengelola tidak dapat mengetahui masalah yang menimpa kamu.

Meskipun mendaki gunung adalah hal yang sangat seru, jangan sampai lupa untuk selalu menjaga sikap, ucapan, dan tindakan, ya. Agar pendakianmu semakin menyenangkan, jangan lupa untuk mengambil foto dengan kamera terbaik yang kamu punya.