Wisata di Pulau Sulawesi

Sulawesi menyimpan berbagai destinasi wisata yang menawan. Mulai dari pantai, pegunungan, perbukitan, hingga kepulauan eksotis, semuanya ada di sini. Wisata kepulauannya pun sudah lama jadi destinasi andalan traveler, lho.

Beragam gugusan pulaunya selalu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Wajib untuk kamu jelajahi, berikut beberapa rekomendasi wisata pulau di Sulawesi dengan pemandangan yang bikin mata tak berkedip.

1. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh adalah sebuah pulau masuk wilayah administrasi Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Lembeh saat ini secara administratif terbagi dua kecamatan yaitu Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan. Pulau ini terkenal karena menjadi lokasi penyelaman wisatawan asing di Sulawesi Utara selain Bunaken.

disebut sebagai Bastianos Diving Resort karena keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Selain itu, pulau ini juga jadi ekowisata mangrove, lho

2. Pulau Mahoro

Terletak di bagian paling luar Sulawesi, Pulau Mahoro terkenal dengan ombak pantainya yang tenang. Dikelilingi pulau-pulau kecil membuat panorama pesisir makin menakjubkan

Pulau kecil ini terletak di Kecamatan Siau Timur Selatan, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) ini sangat berbeda dengan pulau-pulau wisata lainnya di Sulawesi Utara. Pulau mungil nan indah ini tidak berpenghuni. Tetapi memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

3. Pulau Labengki

Dijuluki sebagai Raja Ampatnya Sulawesi, Pulau Labengki terdiri dari lima pulau besar yang indah. Perairannya yang jernih membuat aktivitas snorkeling dan diving makin seru, deh

Mendengar Raja Ampat akan membuat siapa saja membayangkan pesona keindahan di tempat wisata ini. Tetapi siapa sangka bahwa masih banyak destinasi wisata lainnya yang juga tak kalah indah. Pemandangan bak Raja Ampat bisa dijumpai di Sulawesi Tenggara tepatnya di Pulau Labengki. Bukan hanya sajian laut yang jernih dengan pulau keren di tengahnya tetapi wisatawan atau pengunjung juga bisa melihat adanya pemandangan teluk cinta yang berbentuk hati.

Selama ini ketenaran atau kepopuleran Raja Ampat memang sudah begitu dikenal tak seperti Labengki. Namun sejak dijadikannya Pulau Labengki ini sebagai destinasi wisata di sebuah acara TV swasta, kawasan tersebut mulai dikenal. Perlahan tapi pasti banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk menengok secara langsung bagaimana keindahan surga tersembunyi ini meski letaknya memang cukup sulit ditemukan dan menjadi tempat tinggal dari Suku Bajo.

4. Pulau Lihaga

Salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan di Sulawesi Utara adalah Pulau Lihaga. Laut disekitar pulau yang relatif berombak tenang dan air laut yang sejernih kristal berwarna tosca dijamin langsung membuat jatuh hati bahkan sebelum menginjakkan kaki ke pulau ini.

Meski tak terlalu besar, Pulau Lihaga masuk dalam daftar destinasi super prioritas. Dipenuhi pasir putih lembut bak tepung.

Pulau Lihaga merupakan pulai yang tak berpenghuni, sehingga keasriannya sangat terjaga. Untuk menikmati keindahan pulau ini ada baiknya sebelum turun dari perahu, mintalah untuk mengelilingi Pulau Lihaga terlebih dahulu. Lalu silakan nikmati pemandangan menakjubkan dari pulau yang berpantai putih ini.

5. Pulau Gangga

Pulau Gangga merupakan pulau yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi. Pulau ini merupakan pulau yang berpenghuni dan dihuni oleh dua desa di dalamnya. Yakni desa Gangga I dan juga Desa Gangga II. Sebagian besar penduduk yang tinggal di pulau ini bekerja sebagai nelayan yang juga turut menjaga pulau ini. Mengingat Pulau Gangga ini memiliki keindahan yang tidak bisa di lewatkan begitu saja, dan terbilang masih asri dan alami.

Beragam biota laut dan terumbu karang warna-warni ada di sekitar perairan Pulau Gangga. Kalau beruntung, kamu bisa bertemu dengan sekawanan lumba-lumba, loh..