Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mendaki, Jangan Sampai Ketinggalan

Mendaki gunung adalah aktivitas menyenangkan sekaligus menantang yang dijadikan oleh sebagian orang sebagai hobi. Panorama indah dari ketinggian dan melepas penat dari kesibukan kota menjadi alasan mendaki gunung saat ini banyak dilakukan.

Namun sebelum melakukan pendakian, harus dilakukan persiapan yang matang demi keamanan dan keselamatan pada pendaki selama menjelajahi alam.

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum mendaki adalah kebugaran tubuh. Pasalnya, seorang pendaki tidak akan melewati jalanan landai untuk kepuncak, melainkan jalanan terjal dan menanjak. Untuk itu, fisik yang prima dan bugar sangat diperlukan sebelum memulai perjalanan.

Karena tubuh yang tidak prima akan menyebabkan masalah setelah pendakian dimulai, terlebih karena sulit untuk memberikan pertolongan kepada pendaki yang tiba-tiba sakit di puncak gunung.

Selain memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima, pendaki juga harus memastikan membawa peralatan yang lengkap, agar pendakian dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Apa saja barang yang harus dibawa ketika mendaki? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tas Gunung

Mendaki bukan aktivitas yang dapat dilakukan dalam waktu singkat, terutama untuk gunung dengan ketinggian yang lumayan. Sehingga pendaki harus membawa makanan, peralatan masak, pakaian, dan barang-barang lainnya.

Untuk membawa semua keperluan tersebut diperlukan tas gunung atau carrier. Tak mungkin pergi ke gunung hanya berbekal tas kresek.

Pilihlah carrier yang tahan air dan mampu memuat banyak barang. Namun tetap nyaman dan sesuai dengan ukuran tubuhmu.

2. Jaket Gunung

Barang selanjutnya yang harus dibawa adalah jaket gunung, yang akan berguna untu melindungi tubuh dari dinginnya udara di gunung.

Pastikan untuk memilih jaket tahan air, agar Anda tidak kebasahan ketika turun hujan di perjalanan.

Jaket yang direkomendasikan untuk mendaki adalah jaket tebal dengan bahan polyester. Jaket tersebut dapat mencegah pendaki dari hipotermia.

Hipotermia adalah sebuah gangguan medis yang bisa menyerang seseorang yang mengalami penurunan suhu tubuh secara drastis.

3. Kaos Kaki dan Sepatu

Saat mendaki gunung, tentu kita akan menemukan berbagai karakter medan. Alas kaki menjadi hal yang penting untuk membuat diri kita tetap terlindungi selama melakukan pendakian, sehingga diperlukan sepatu gunung.

Kemudian gunakan juga kaos kaki agar kaki tidak lecet selama perjalanan.

4. Sarung Tangan dan Penutup Kepala

Sarung tangan dan penutup kepala juga menjadi peralatan mendaki yang tidak kalah penting. Pasalnya, sarung tangan tidak hanya berguna sebagai pelindung dari duri atau gigitan binatang saja. Tapi, peralatan ini juga bermanfaat untuk menjaga kita agar tetap hangat.

Demikian pula penggunaan penutup kepala yang bisa melindungi kepala dari dingin maupun panas.

5. Sleeping Bag

Peralatan mendaki selanjutnya yang juga wajib dibawa adalah sleeping bag. Sleeping bag atau kantor tidur kepompongakan menjadi benteng terakhir penghalang hawa dingin menyengat di kala dini hari.

6. Matras

Matras akan berguna untuk menjadi tempat untuk duduk atau alas tidur. Matras ini bisa digelar di dalam tenda untuk tidur dan di luar untuk makan bersama. Fungsi utamanya adalah sebagai penghalang hawa dingin di tanah.

7. Tenda

Tenda merupakan hunian sementara ketika berada di puncak gunung, sehingga barang ini harus dibawa saat mendaki. ]Tenda ini akan berguna untuk melindungi dari angin, hujan, dingin, binatang, dan gangguan-gangguan lainnya.

Bawalah tenda dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah rombongan. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Pasalnya, jika kita membawa tenda terlalu besar akan terlalu berat membawanya.

8. Obat-obatan

Obatan-obatan menjadi hal penting yang harus ada di carrier untuk mengatasi sakit atau cedera saat melakukan pendakian gunung. Obat-obatan yang sebaiknya dibawa antara lain obat penurun panas, obat pengurang nyeri, obat anti alergi, obat asma, obat diare, dan salep antibiotik untuk mengatasi luka lecet.

9. Pakaian Ganti

Jika berencana untuk menginap satu atau dua hari di atas gunung, pastikan untuk membawa pakaian ganti dalam jumlah yang cukup.

10. Makanan dan Minuman

Pertimbangkan jumlah makanan dan minuman yang akan dibawa saat mendaki gunung. Usahakan memilih makanan yang mengandung banyak karbohidrat agar memberikan banyak tenaga. Bawa alat minum yang efisien agar tak terlalu membebani carrier.

11. Alat Masak

Peralatan makan dan minum wajib kamu bawa jika kamu ingin memasak di gunung. Alat makan tersebut antara lain piring, gelas, sendok, pisau kecil, kompor gas kecil, nesting, dan lain sebagainya.

12. Alat Penerangan

Ketika malam hari tiba, tentunya tidak ada penerangan sama sekali di gunung. Maka jangan lupa untuk membawa alat penerangan, seperti lampu tenda, senter, dan headlamp.

13, Kantung Sampah

Pastikan membawa kantung sampah jika akan mendaki, agar sampah tidak berserakan di lokasi pendakian. Mencintai alam berarti harus berperan dalam melestarikannya, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Pastikan untuk mempersiapkan barang-barang diatas dengan baik sebelum melakukan pendakian, ya. Agar kamu dapat menikmati alam dengan tenang dan nyaman.