Hal yang tak Boleh Dilakukan Saat Menginap di Hotel

Saat berwisata ke luar kota, menginap di hotel adalah pilihan yang tepat untuk beristirahat. Tempatnya nyaman, fasiltas yang lengkap, dan ada banyak penginapan murah yang dapat disesuaikan dengan budget atau menginap di hotel berbintang yang paling populer.

Namun saat menginap, kamu harus tahu beberapa aturan agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain dan membuat kamu kena masalah dengan pihak hotel.

Memang aturan-aturan di hotel tidak semuanya tidak tertulis, agar tidak menyalahi aturan, berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat menginap di hotel:

Jangan Membawa Pulang Barang yang Tidak Diperbolehkan

Menginap di hotel bagi sebagian orang merupakan pengalaman yang berkesan dan membawa kenangan. Tak jarang, sebagian tamu membawa beberapa barang yang tersedia di kamar hotel untuk dijadikan kenang-kenangan.

Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, sebab memang ada beberapa barang di hotel yang diizinkan untuk dibawa pulang seperti sandal, sabun dan sampoo, teh dan kopi, serta pulpen dan note.

Namun, barang-barang lain seperti baju mandi (bathrobe), bantal, selimut, gelas, dan barang-barang lain yang ada di hotel tidak boleh dibawa pulang, ya.

Jika ketahuan oleh pihak pengelola hotel, siap-siap deh, kamu pasti akan dikenakan denda saat check out.

Jumlah Tamu

Jumlah tamu yang ikut menginap di hotel harus sesuai dengan pesanan, ya. Jika kamar dipesan untuk dua orang, maka hanya dua orang yang berhak untuk menginap di kamar tersebut.

Jika kamu memasukkan orang tambahan ke kamar tersebut, maka siap-siap juga kena biaya tambahan, sebab tindakan tersebut sudah melanggar aturan.

Membiarkan Barang Berharga Bergeletakan di Hotel

Kehati-hatian merupakan hal yang harus selalu kamu terapkan dimana pun berada, termasuk saat menginap di hotel. Sebaknya ingat untuk menjaga barang berharga, jangan sembarangan meletakkannya karena dapat mengundang orang lai untuk berbuat jahat, terlebih saat meninggalkan kamar dan bepergian ke tempat wisata tujuanmu.

Jadi sebaiknya gunakan brangkas yang disediakan di dalam kamar hotel untuk menyimpan barang-barang berharga yang kamu bawa. Kalau tidak, kamu bisa menyimpannya di koper yang terkunci.

Merokok

Salah satu aturan umum yang berlaku di hotel adalah larangan merokok di dalam kamar. Aturan yang satu ini harus dipatuhi, karena asap rokok bisa membunyikan alarm kebakaran yang berada di dalam kamar hotel.

Jika ingin merokok, pastikan untuk melakukannya di ruangan merokok atau smoking room atau bisa keluar hotel agar tidak menyebabkan masalah.

Membiarkan Sampah Berserakan

Membersihkan kamar yang kamu tempati memang salah satu tugas dari cleaning service hotel. Namun, sebaiknya saat akan meninggalkan kamar pastikan untuk membereskan sampah-sampah yang ada.

Setidaknya, masukkan sampah ke dalam plastik sampah dan taruh di dekat pintu keluar agar dapat dengan mudah dibersihkan oleh petugas hotel.

Telat Chek Out

Bersantai sambil menikmati fasilitas di hotel memang suka bikin lupa waktu. Tapi jangan sampai lupa dengan waktu penginapan pesanan kamu.

Jika waktu menginap sudah habis, maka segera lakukan check out. Keluarkan barang-barang bawaan kamu dari kamar, kemudian lunasi semua tagihan penginapan dan sekalian kembalikan kunci kepada petugas resepsionis.

Biasanya waktu check out adalah jam pukul 12 siang. Sebisa mungkin lakukan check out dengan tepat waktu, agar kamu tidak perlu membayar denda atas keterlambatan meninggalkan hotel.

Mulai sekarang pastikan untuk menaati semua aturan-aturan yang berlaku di hotel saat menginap, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti membayar denda.